X. RUKU’ CARA-CARA DAN BACAANNYA

    Telah berkata Abu Humaid Adalah Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam apabila mau berdiri shalat ia berdiri tegak dan mengangkat dua tangannya hingga sejajar dgn dua bahunya kemudian ia takbir maka apabila hendak ruku’ ia angkat dua tangannya hingga sejajar dgn dua bahunya kemudian ia mengucapkan Allahu Akbar lalu ia ruku’ dgn lurus yakni tidak terlalu tunduk kepalanya dan tidak pula terlalu tinggi dan ia menaruh dua tangannya di atas dua lututnya. {H.S.R At-Tirmidzi dan Ahmad} .
    Sabda Rasul Dan apabila engkau ruku’ maka hendaklah engkau taruh dua telapak tanganmu di atas dua lututmu. . Telah berkata Hudzaifah Saya shalat bersama Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam…kemudian ia ruku’ lalu membaca Subhana Rabbiyal Adziem. Yang artinya Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung {dari sifat-sifat kerendahan}. .
    Berkata Ibnu Majah Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rumhin Al-Misri telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi’ah dari Ubaidillah bin Abi Ja’far dari Abi Azhar dari Hudzaifah bin Yaman Sesungguhnya dia mendengar Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam apabila ruku’ membaca Subhana Rabbiyal Adziem. sebanyak tiga kali. Yang artinya Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung . .
    Berkata Bukhari Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Manshur dari Abidduha dari Masruq dari ‘Aisyah bahwa ia berkata Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam membaca dalam ruku’ dan sujudnya Subhanakallahumma Rabbana Wa Bihamdika Allahummaghfirlie. Yang artinya Maha suci Engkau wahai Tuhan kami dan dgn segala puji bagi-Mu Ya Allah ampunilah dosa-dosaku. .
    Dari’Aisyah ia berkata Pada suatu malam aku tak mendapati Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam maka aku menyangka bahwa beliau pergi kepada salah seorang istrinya kemudian aku mencari beliau lalu kembali ternyata beliau sedang ruku’ atau sujud dan membaca Subhanaka Wabihamdika Laa Ilaaha Illa Anta. Yang artinya Maha Suci Engkau dan segala puji bagi-Mu tiada Tuhan selain Engkau . {H.R Muslim /51}.
    Dari Musharrif bin Abdillah bin Syikhkhir bahwa ‘Aisyah memberitahukan kepadanya bahwa Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam di dalam ruku’ dan sujud membaca Subbuhun Quddusun Rabbul Malaaikati Warruh. Yang artinya Maha Suci dan Maha Pemberi berkah Tuhan Malaikat dan ruh. {Bazlul Majhud /142-143} .
    Dari Ayub bin Musa atau Musa bin Ayub dari seseorang dari kaumnya dari Uqbah bin Amir diriwayatkan secara ma’na ia tambahi hadits itu ia berkata Apabila Nabi ruku ia baca Subhana Robbial Adzimi Wabihamdih yg artinya maha suci Tuhanku yg maha agung dan segala puji baginya Abu Dawud berkata tambahan ini aku takut tidak Shah . Dalam sanad ini ada yg bernama Al-Laits atau Ibnu Sa’din ia seorang yg lemah.
    Dari As-Saidi dari ayahnya atau pamannya ia berkata Saya memandang Rosulullah SAW. dalam salatnya ia membaca dalam ruku dan sujudnya kira-kira seukuran Subhana Allahumma Wabihamdihi artinya Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya {tiga kali}. dalam sanadnya ada rawi yg bernama As-Sa’idi ia seorang yg majhul .

XI. CARA BANGKIT DARI RUKU

    Dari Abdullah bin Umar ia berkata Saya melihat Nabi memulai shalat dgn takbir… dan apabila bangkit dari ruku ia mengucap Sami’allahu Liman Hamidah artinya Allah maha mendengar kepada orang yg memujinya. kemudian mengucapkan Rabbana Walakal Hamdu artinya Yaa Tuhan kami segala puji bagimu .
    Dari Abi Hurairah ia berkata Adalah Rasullaah apabila Ia berdiri mau shalat ……. kemudian ia mengucapkan Sami’allahu Liman Hamidah ketika mengangkat punggungnya dari ruku kemudian ia mengucapkan Rabbana Walakal Hamdu {Syarah Muslim /97}.
    Dari Ibnu Aufa Ia berkata adl Rasulullah SAW. apabila mengangkat punggungnya dari ruku ia membaca Sami’allahu Liman Hamidah Allahumma Lakal Hamdu Mil-ussamaawati Wamil-ul Ardi Wa Mil-u Ma Syi’ta Min Syai-in Ba’du artinya Maha mendengar Allah barang siapa memuji-Nya ya Allah bagimu segala puji seluruh langit dan seluruh bumi dan seluruh apa yg Engkau kehendaki dari segala sesuatu sesudahnya

bersambung

    sumber file al_islam.chm